Pengertian Dan Manfaat Menggunakan CMS

      Assalamualaikum Wr Wb
             PENGERTIAN DAN MANFAAT MENGGUNAKAN CMS                         


A.Pengertian Cms
  Content Management System atau sering disebut dengan CMS adalah aplikasi web yang berisikan template untuk mengelola isi halaman web secara mudah. Penggunaan Content Management System tidak memerlukan pengetahuan pemrograman web yang handal karena proses instalasi dan cara penggunaannya sudah user friendly. CMS sendiri ada yang dibuat khusus menyesuaikan kasus yang ada dan biasanya berbayar dan ada yang berupa template instan yang fungsionalitasnya dibuat dengan menyeuaikan pada beberapa proses bisnis yang ada didunia nyata yang dapat digunakan secara gratis.

Ada beberapa jenis Content Management System atau cms yaitu:
  • CMS untuk membuat personal blog, contohnya WordPress.
  • CMS untuk membuat web e-Commerce contohnya=prestashop,Os Commerce,Opencart,Drupal,dll
  • CMS untuk membuat personal web, Contohnya; Joomla!, Mambo
  • CMS untuk membuat e-learning Moodle
  • CMS untuk membuat e-Office, contohnya katanya (Kantor Maya)
  • CMS untuk membuat web e-Forum, contohnya phpBB, MYBB,Vbulletin.


    Keuntungan menggunakan CMS.
Ada banyak keuntungan apabila kamu menggunakan CMS dala pengelolaan websitemu, bebrapa keuntungan tersebut adalah:

1. Menghemat waktu pembuatan, Seperti yang sudah saya singgung diatas, pembuatan Website tanpa menggunakan CMS membutuhkan waktu yang lama karena harus secara manual mengetikan Coding yang banyaknya ratusan dan bahkan ribuan baris.

2. Kostumisasi mudah, sebuah CMS besar yang macam Wordpess memiliki banyak sekali template yang bisa diunduh secara gratis dan berbayar. proses pemasangan template ini juga tergolong mudah dibandingkan apabila kamu tidak menggunakan CMS.

3. Pengembangan dan Plugins, Sebuah CMS yang memliki komunitas besar yang aktif biasanya (khusunya untuk CMS open source) biasanya memili perkembangan yang cepat dari developer resminya maupun dari pengguna CMS itu sendiri.

4. Komunitas, Sebuah CMS yang memiliki pengguna dalam jumlah yang besar biasanya memilik komunitas pengguna yang besar pula. Sehingga apabila kamu memiliki permasalahan pada CMS milikmu, kamu bisa bertanya di Komunitas tersebut.

5. Plugins dan Widget, banyak CMS yang menyediakan Plugins atau Widget yang siap dipasang di website milikmu, Fitur ini tentunya tidak akan kamu dapatkan apabila tidak menggunakan CMS.


Kelemahan Menggunakan CMS
Tidak hanya kelebihan saja, CMS tentunya memiliki kelemahan juga tentunya, beberapa kelemahan tersebut antara lain:

1. Keamanan,  apabila kamu menggunakan sebuah CMS untuk membuat website, artinya kamu menggunakan Script coding yang diketik oleh orang lain yang tidak kamu kenal kan? nah tentunya kamu tidak tahu apabila suatu waktu ternyata sang pembuat CMS tersebut membuat "Backdoor" pada CMS buatanya sehingga websitemu bisa diakses dengan seenak udel oleh orang lain (bukan bemaksud suudzon loh ya :v). Namun kasus seperti demikian sangat jarang terjadi pada CMS besar macam wordpress, Joomla!, ataupun Drupal. kasus "Backdoor" tersebut juga bisa terjadi lantaran kamu menggunakan template secara sembarangan. jadi Intinya hati-hati saja saat melakukan pemilihan CMS maupun Template CMS.

2. kemiripan dengan website lain, ketika kamu menggunakan seuatu CMS pada websitemu, tentunya tidak hanya kamu saja yang menggunakan CMS tersebut kan? ada ribuan website lain yang meggunakan CMS yang sama dengan yang kamu pakai dan tetunya tampilanya mirip atau bahkan Identik dengan website milikmu. apabila kamu pribadi yang tidak suka dengan kemiripan atau memiliki rasa profesionalitas yang tinggi tentunya tidak nyaman dengan hal tersebut. Namun kasus tersebut biasanya tidak sering terjadi pada CMS besar macam wordpress karena Wordpress memiliki jutaan template yang berbeda satu dengan yang lainya.

  Sekian dari saya semoga bermanfaat kalau ada kesalahan atau kekurangan saya minta maaf.........


       Wassalamualaikum Wr Wb

 
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar