Pengertian Dan Fungsi Osi Layer

                               

        Assalammualaikum Wr Wb
  Halo Tema.Disini Saya Akan Menerangkan Tentang OSI Layer,MAC Address,ARP Table,dan IP Address
               Pengertian Dan Fungsi Osi Layer

A.Pengertian
   OSI ( Open Sistem Interconnection ) adalah standar komunikasi yang diterapkan didalam sebuah jaringan komputer.Standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan.model referensi OSI terbagi menjadi 7 lapisan,dan dimana lapisanlapisan tersebut mempunyai fungsi.

Terdapat 7 layer di dalam OSI.Setiap layer bertanggung jawab secara khusus dalam pemrosesan data.satu layer bertanggung jawab untuk membentuk koneksi antar jaringan,dan yang lain bertanggung jawab saat terjadinya "error".Didalam OSI terdapat 7 layer yaitu:

1.Physical Layer
   Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau dengan radio.


2.Data-Linx Layer
    Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya MAC Address (Media Access Control) , dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, Bridge, Repeater, dan Switch layer. beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).

3.Network Layer Berfungsi untuk mendefinisikan Alamat-alamat IP membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan Router dan Switch Layer 3.


4.Transport Layer Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan.


5.Session Layer Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.


6.Presentation Layer Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network Shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Dekstop Protocol (RDP)).


7.Application Layer Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP,FTP,SMTP, danNFS 



MAC Address berfungsi untuk mengidentifikasi seluruh perangkat jaringan secara unik agar bisa terhubung dan dapat berkomunikasi di dalam jaringan.

ARP Table
ARP Table Merupakan protokol pengubung antara layer 2 data-link dan 3
 Network.
> ARP Table di router merupakan Daftar host yang terhubung langsung beriai
 informasi pasangan MAC address dan IP ADDRESS.
> Di IPv6 arp digantikan dengan NDP (Network Discovery Protocol.

IP Address
Adalah sistem pengalamatan setiap host yang terhubung ke jaringan.
> Saat ini IP Address yang banyak digunakan adalah IP versi 4. (32 bits / 4 bytes) - 4,294,967,296 hosts.



Sekian Dari Saya Bila Ada Kesalahan Atau Kekurangan Saya Minta Maaf.........

   
       Wasalammualaikum Wr Wb
  
       
     
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar